Mar 25, 2018

Asmaul Husna

[Tema: Asma'ul Husna]

Oleh: Ust. Haikal Bashrahil, MA
(Mahasiswa Doktoral Universitas Islam Madinah)

🔷 *Ada  Berapakah Nama-nama Allah?*🔷
☄☄☄☄☄☄☄☄☄☄☄

📖 Dijelaskan dalam hadist  Nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwa jumlah keseluruhan nama Allah tidak dapat diketahui sekalipun oleh Nabi Muhammad shallallahu alahi wa sallam.

💎 Sebagaimana yang terdapat dalam doa Rasulullah shallallahu alahi wa sallam,

((أسألك بكل اسم هو لك سميت به نفسك أو علمته أحدا من خلقك أو أنزلته في كتابك أو استأثرت به في علم الغيب عندك ((رواه أحمد وغيره.

”Aku bermohon dengan segala nama yang Engkau miliki, yang Engkau beri nama denganya diri-Mu, atau Engkau beritahu akannya salah seorang dari makhluk-Mu, atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau Engkau simpan di sisi-Mu di alam ghaib.”(HR. Ahmad dan lain-lain, hadits ini dishahihkan oleh Ibnul Qayyim).

🖲Dalam hadits ini menyebutkan tiga bagian dari nama-nama Allah;

🔹Bagian pertama: nama yang Allah beritahu sebagian dari makhluk-Nya, baik dari kalangan malaikat atau lainnya, tetapi tidak diturunkan dalam kitab suci Allah.

🔹Bagian kedua: nama yang Allah turunkan dalam kitab suci-Nya.

🔹Bagian ketiga: nama yang Allah sembunyikan di sisi-Nya di alam gaib.

📌Maka nama-nama Allah yang dapat kita ketahui hanyalah yang terdapat dalam kitab Al-Quran dan hadits-hadits yang shahih.

📢Menurut pendapat ulama yang telah melakukan penelitian dalam hal ini menyatakan bahwa nama-nama Allah yang terdapat dalam Al Qur’an dan hadits-hadits shohih lebih jumlahnya dari sembilan puluh sembilan.

📌Bagaimana dengan Hadits Nabi shallallahu alahi wa sallam beliau bersabda,

عن أبي هريرة رضي الله عنه  أن رسول الله صلى الله عليه وسلم  قال (( إن لله تسعة وتسعين اسما مائة إلا واحدا من أحصاها دخل الجنة )). متفق عليه

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki senbilan puluh sembilan nama, seratus kecuali satu, barangsiapa yang menghafalnya akan masuk surga.” (HR. Bukhari & Muslim).

📢 Di dalam Hadits tersebut dijelaskan bahwa nama nama Allah 99.

📚Bagaimana memahami kedua hadits di atas???
 
📌Ketahuilah bahwa Kedua hadits tersebut tidak saling bertentangan.....

🔦Untuk jawabannya saksikanlah episod berikutnya bimbingan Asmaul Husna.....
🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹

No comments:

Post a Comment