Nov 24, 2019

Maraih Surga Dengan Menyingkirkan Dahan Pohon Dari Jalan


لَقَدْ رَأَيْتُ رَجُلاً يَتَقَلَّبُ فِي الْجَنَّةِ فِي شَجَرَةٍ قَطَعَهَا مِنْ ظَهْرِ الطَّرِيْقِ كَانَتْ تُؤْذِي الْمُسْلِمِيْنَ


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku melihat seseorang yang bersuka-ria dalam surga hanya karena memotong dahan pohon dari tengah jalanan yang mengganggu kaum Muslimin”. (HR. Muslim, no. 3538)

Saudaraku, hadits ini menjelaskan tentang keutamaan menyingkirkan gangguan dari jalan kaum muslimin. Amalan ini sangat ringan namun mendatangkan pahala dan balasan yang besar, ini menunjukkan betapa luas dan besarnya rahmat Allah.
Saudaraku, hadits diatas menjelaskan bahwa indahnya ajaran islam. Namun disayangkan ajara-ajaran islam banyak dilanggar oleh kaum muslimin seperti membuang sampah dan sisa-sisa makanan di jalan.

Saudaraku, ketahuilah bahwa dahan pohon yang boleh ditebang adalah dahan pohon yang mengganggu kaum muslimin. Dizaman kita ini bukan hanya dahan pohon yang ditebang tapi pohon yang digunakan untuk berteduh dan pohon yang ada dihutan, bahkan tidak hanya mereka tebang tapi mereka bakar sehingga asapnya mengganggu kesehatan jutaan manusia.

 HR. Muslim, No : 3538

No comments:

Post a Comment