Jan 14, 2017

Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah

Ceramah agama Islam
oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama dan kajian Islam yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 22 Al-Muharram 1437 / 4 November 2015.
Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah“.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah

Beriman terhadap tauhid rububiyyah dan tauhid uluhiyyah merupakan salah satu implementasi dan kosekuensi keimanan kita kepada Allah Ta’ala. Karena di antara kewajiban kita sebagai seorang manusia adalah meyakini bahwa Allah lah pencipta segala yang ada di langit dan di bumi. Dan kita juga diharuskan untuk beribadah hanya kepadaNya.

Para ulama telah menjelaskan tentang makna tauhid rububiyah. Tauhid rububiyah adalah keyakinan bahwa tidak ada pencipta kecuali Allah, dan Allah lah satu-satunya yang mencipta, mengatur, menghidupkan, mematikan, memberikan rezeki kepada makhluk-makhluk yang ada di langit dan di bumi.

Jadi, tatkala seseorang mengaku beriman kepada Allah, berarti dia harus meyakini bahwa hanya Allah sajalah satu-satunya yang menciptakan, mengatur, dan memberikan rezeki di alam ini.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِن شُرَكَائِكُم مَّن يَفْعَلُ مِن ذَلِكُم مِّن شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

“Allahlah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (QS Ar-Rum [30]: 40)

Sedangkan tauhid uluhiyah adalah meyakini seyakin-yakinnya bahwa Allah yang pantas untuk mendapatkan ibadah atau lebih tepatnya adalah keyakinan bahwa Allah lah satu-satunya yang berhak untuk diibadahi.

Tauhid ulihiyah ini lah yang merupakan tugas utama dan perioritas paling utama yang dilakukan oleh para rasul. Dan karena tauhid uluhiyah inilah Allah menurunkan kitab-kitabNya.

Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah
Ustadz Ahmad Zainuddin - Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah [ 1:42:16 | 23.31 MB ] Play in Popup | Download (1642)

mirror download: https://drive.google.com/file/d/0ByNQPJdAEjyzNVJsbTVNclRObHc/view?usp=drivesdk

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

source: https://www.radiorodja.com/?p=16944

No comments:

Post a Comment